Where to go in Malaysia pt.1

by - December 05, 2019

[Part 2] Study in Malaysia // Tips to Survive

Di postingan sebelumnya, aku udah janji bakal nulis tentang tempat-tempat yang wajib dikunjungin di Malaysia dan sekalian aku bakal kasih tips-tips.

Saat di Malaysia, aku tinggalnya di Bangi, Selangor. Itu letaknya 20km di Selatannya KL. Jadi trip yang aku jelasin bakal lebih cara travelling ke KL dari Bangi. Tapi, kalau kalian memang bakal stay di KL, itu lebih mudah lagi aksesnya.

1. Twin Tower Petronas
Pertama, Kalau kita ngomongin Malaysia, pasti spot tempat yang wajib di kunjungin itu Menara Petronas, Twin Tower. Rasanya belum ke Malaysia kalau belum ke tempat ini. Transportasi yang aku gunain buat sampe menara ini adalah MRT. Kereta ini berperan sangat besar sih selama aku disana hehe.

Dari Kolej, aku naik bus yang tujuannya stadium kajang. Ini bakal jadi pemberhentian terakhir dan cuma bayar 1 ringgit aja. Nyampe disana langsung aja beli tiket dengan tujuan  KLCC. Seinget aku biayanya sekitar 7 ringgit gitu.

Tips : Kalau kalian ngerasa bakal tinggal lama di Malaysia atau bakal sering datang ke Malaysia dan ngegunain transport kayak MRT, mending kalian beli kartu Touch n Go aja. Waktu aku disana aku nyesel sih ga beli itu, soalnya dengan pake itu ada potongannya gitu dan beli tiketnya ga ribet dengan uas cash kan.

Kalau kalian ga punya Touch n Go kayak aku, kalian beli kayak biasa di mesinnya trus pake uang kertas atau coin juga bisa. Trus entar bakal keluar semacam coin plastik (token) yang digunain sebagai pengganti kartu buat akses masuk kereta. Jangan sampe ilang soalnya itu bakal di pake terus sampe tujuan akhir.

Nah, trus kalian tunggu deh kereta yang tujuan Sungai Buloh dan kalian harus turun di Pasar Seni buat transit ke LRT tujuan Gombak dan turun di KLCC deh... Pas kalian turun itu tuh kalian langsung berada di Suria KLCC. Kalo mau foto-foto dengan latar belakang Twin Tower kalian bisa keluar dari gedungnya.



2. Bukit Bintang
Kalau kalian mau belanja, dan ngerasain suasana malam yang rame kayak NY Time Square lah kalau dibayangin. Kalian bisa ke daerah Bukit Bintang. Buat menuju kesana, kalian cuma perlu beli tiket yang arahnya ke Bukit Bintang dan langsung sampe. Ga perlu transit-transit. Ada cerita sih, jadi sebelum ke Malaysia, aku sama temenku yang suka sama korea-korean gitu mau ngunjungin tempat yang ngejual kayak merchandise kpop gitu. Hasil browsing, kami nemuin satu toko yang ngejual barang-barang kpop. Letaknya di Berjaya Time Square, Bukit Bintang.

Photo is from Google 'cause I didnt take a pict there


Berjaya Time Square ini adalah Mall gitu. Waktu pertama kali diajak ke tempat ini sama temen yang dari Malaysia. Si temen ini ngajak kesana dengan akses yang beda. Jadi dia itu maunya entar naik LRT trus turunnya bener-bener di Mallnya gitu loh. Jadi ada 2 akses kalo mau kesana. Bisa langsung naik MRT tapi harus jalan kalau mau ke mall ini dan yang lainnya kalau ga mau jalan jauh kalian bisa naik LRT gitu. Tapi sayangnya aku lupa akses kesana naik LRT gimana.

Balik ke toko Kpop itu, letaknya ada di level 5. Disana ngejual merch yang official dan ga official tapi import gitu. Harga? ya tetep mahal sih. Disana aku sempet beli beberapa merch buat aku dan buat adek aku.

Selain ada Berjaya Time Square, disitu juga banyak mall lainnya kayak Sungai Wang, Lot 10, Pavilion dan street food gitu. Enak deh akses ke tempat-tempat itu tinggal jalan kaki aja. Cerita lagi nih, jadi waktu hari kesekian gitu, pas aku udah terbiasa buat jalan sendiri tanpa ditemenin anak Malaysia, aku pergi sendiri ke Bukit Bintang bareng temenku. Tujuannya waktu itu mau ke mall lain. Nyampe disana, karena ujan jadi kalau mau jalan jauh juga ga bisa, kami masuk deh ke Sungai Wang karena deket sama stasiun MRTnya. Udah selesai keliling-keliling disitu, tujuan selanjutnya mau ke Pavilion. Berhubung agak buta gitu yah baca map, kami jalan ke arah yang salah, eh nyampenya malah ke Berjaya Time Square lagi. Aduh... jadi gagal deh ke Pavilion. So, kami masuk lagi ke mall itu ahahahaha.

3. Mesjid Jamek
Destinasi selanjutnya adalah Dataran Merdeka. Seperti biasa, naik MRT. Sebernernya aku udah lupa-lupa ingat gitu kalau mau jelasin naik dan turun di jurusan yang mana, soalnya ini udah setahun yang lalu (ga kerasa hiks)...

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad ini salah satu masjid tertua di KL. Bangunannya bagus warna putih. Disana aku sholat dulu, trus foto-foto trus lanjut buat ke Dataran Merdeka!



4. Dataran Merdeka
Buat kesini kamu tinggal keluar aja dari Masjid Jamek karena Dataran Merdeka ini letaknya di belakang Masjid Jamek. Disini memang tidak ada yang spesial. Hanya lapangan luas dengan rumput hijau. Tapi di depan dataran merdeka ini ada gedung sultan abdul samad yang bagus buat dijadiin spot foto kayak gini.

Sultan Abdul Samad Building


Dataran Merdeka

Sebenernya banyak foto-foto yang bagus tapi itu khusus buat di upload di Instagram sama koleksi pribadi aja. Maaf kalau yang aku upload sengaja yang failed sama yang dari instagram aja ya...

Destinasi lainnya lanjut di artikel selanjutnya ya...


P.S : photos milik pribadi, untuk penyebarluasan harap konfirmasi terlebih dahulu.

You May Also Like

0 Comments