How To Organize Your Binder

by - October 04, 2016


HEY! I'm back with another topic. This one is originally from me. Kali ini aku ngambil topik yang berhubungan dengan "How To" tapi bukan DIY's. Ini bisa bantu kalian buat memperbaiki cara kamu lebih rapi dan mudah saat belajar.

Apa saja yang kalian butuhkan balik ke individual dan kebutuhan masing-masing personal. Biasanya untuk laki-laki lebih simple dan tidak terlalu ribet.

1. Pilih Binder. Ada banyak jenis binder. Mulai dari yang kecil seukuran saku, agak sedang seperti yang aku pakai, sampai yang besar. Awal semester, aku pakai binder ukuran besar tapi berhubung sekarang aku pakai tas ukuran lebih kecil jadi aku menyesuaikan untuk beli yang baru. Aku lebih seneng binder dengan motif polos karena aku bisa mengkreasikan covernya sesuai keinginan aku nantinya. Untuk sekarang, aku masih meletekkan satu sticker dengan lebel nama jurusanku didepannya. 



2. Catatan Motivasi. Iseng sih, di depan halaman pertama aku tempelin kata-kata motivasi dari aku sendiri dan dari temen aku hehe



3. Kalau masih ada slot kosong seperti model binder aku yang memberikan tempat transparant yang aku jadikan sebagai tempat untuk meletakkan jadwal perkuliahan aku. Supaya terkesan menarik dan tidak monoton, aku hias dengan spidol berwarna. 





4. Supaya tidak langsung terlihat catatan halaman pertamanya aku kasih cover buatan didepannya. Aku jadiin lambang universitas sebagai halaman awal sebelum masuk ke catatan.




5. Beri pembatas untuk mempermudah dalam pencarian dan pemisahan catatan disetiap matakuliahnya. Model pembatas juga macem-macem. Mulai dari yang berwujud kertas, sampai yang seperti sticky notes ukuran kecil.




6. Untuk mengisi catatannya sendiri sih kalau dari tips aku, gak usah paksain buat rapi, sebenernya diperkuliahan ini, catatan lebih sebagai pengingat materi yang dijelaskan. Biasanya setiap mata kuliah, sudah ada modul atau bahan ppt-nya. Tidak ada salahnya sih mencatat supaya tidak cepet ngantuk hehehe



7. Pena berwarna berguna loh biar catatan kamu engga ngebosenin!



8. Sifat alamiah manusia itu pelupa, apalagi banyak banget yang harus diinget. Jadi, aku buat TO DO LIST biar aku inget apa-apa saja yang perlu di lakukan.



8. Engga usah pake kotak pensil lagi, beli aja plastik transparan ini yang bisa ditemuin di toko buku. Hemat tempat dan langsung bisa diletakkan di binder. Murah juga kok harganya.


zip lock

9. Stick Notes.
Bisa buat ditempelin di binder, buku atau modul kamu sebagai catatan kecil




10. Manfaatkan slot kosong yang ada sebagai tempat menyimpan sesuatu seperti kertas-kertas penting.



You May Also Like

1 Comments