[Part 2] Study in Malaysia // Tips to Survive

by - October 07, 2018



Aku kembali dengan cerita selanjutnya. Dibagian ini aku bakal nyeritain gimana sih rasanya kuliah di Malaysia dan apa perbedaannya. Cerita ini mungkin bakal lebih condong ke perbedaan dengan tempat aku kuliah sekarang. Jadi kalau misalnya tempat kuliah kalian sama atau lebih baik dari tempat kuliah aku di Malaysia, it means good tho. Dan semoga aja ada adik tingkat aku yang sengaja atau engga sengaja baca potingan ini, jadinya kalian bakal dapet lebih banyak informasi sebelum berangkat kuliah kesana nantinya.

Seperti yang udah aku ceritain sebelumnya, aku dapet kesempatan untuk kuliah di Universiti Kebangsaan Malaysia. Lokasi kuliahnya dapet di Bangi, Selangor. UKM ini ada satu lokasi kampus lainnya yaitu di Kuala Lumpur. Sesampainya kami di KLIA2, kami disambut oleh LO yaitu mahasiswa yang bertugas untuk menemani dan membantu kami selama kami berkuliah disana. Kabar baiknya, sebagian dari mereka sudah kenal dengan sebagian dari kami. Why? karena sebelumnya mereka pernah study exchange juga di kampusku dan sekarang giliran kami yang kuliah di kampus mereka. Di jemput pakai bus kampus, lokasi dari KLIA2 ke UKM sekitar satu jam. Sesampai di lingkungan kampus, pemandangan asri terpampang di sepanjang jalan kampus. Satu kata yang tersirat "ah lingkungannya asri. Bakal betah nih"




view lingkungan kampus

Selama disana kami menginap di asrama yang kalau disana sebutannya "kolej". Lebih lengkap dan detailnya di Kolej Pendeta Zaaba. Dosen memilih kolej itu supaya kami ga susah buat pergi kuliah karena letaknya paling dekat dengan fakultas. Kolej-nya terbagi menjadi beberapa blok. Lokasi aku menginap di blok B yaitu gedung cewek, dan gedung blok C untuk temen-temenku yang cowok. Gedungnya ada 5 lantai. lantai pertama letaknya di bawah tanah, seperti underground gitu. Engga ada yang dapet untuk tinggal di lantai itu. Kami semua di bagi untuk tinggal di lantai 2,3,4 dan 5. Aku sendiri kedepetan di lantai 2. Kami semua diberikan kamar untuk 3 orang. Lantai 2 hanya di isi oleh aku dan 2 temenku, Jadi hanya 1 kamar yang berpenghuni sedangkan yang lainnya kosong. Mungkin karena disana sedang dalam waktu libur atau kalau kita sebutnya semester pendek, jadi ada sebagian yang libur dan ada yang sebagian mengambil mata kuliah tambahan. FYI, kami hanya dua minggu tidur di kamar ini, dua minggu terakhir semua yang di lantai 2, 3 dan 4 harus pindah ke lantai 5.

kamarku


view dari gedung B lantai 5 

suasana samping gedung B

Lorong lantai 4


Kamarnya tidak terlalu buruk. Masih nyaman untuk ditempati. Didalam kamar ada 3 tempat tidur dengan laci di bawahnya, 3 lemari pakaian, 3 gantungan yang tertempel di dinding, 3 meja belajar dengan lampu belajar di atasnya dan 3 papan di dinding yang bisa digunain buat nempelin notes gitu. Catatan yang harus kalian ingat disana... jangan buka jendela kamar lebar-lebar. Disana monyet banyak banget karena di belakang kolej ini langsung menghadap ke hutan. Untuk kamar mandi, terletak di tengah lorong. Jadi harus keluar kamar ya... Kamar mandinya ada 4 kamar mandi dengan shower dan 4 kamar untuk buang air. Totalnya ada 8 kamar. Ada 3 wastafel cuci muka dan 1 wastafel cuci piring. Pokoknya lengkap!

view cafe kolej pendeta zaaba dari bas stop
Tangga turun menuju cafe

Ruang laundry
Cemilan malam hari

Karena tidak ada dapur, untuk makan siang dan malam kami beli di kantin. Lokasi kantinnya sangat strategis dong. Ada disebrang gedung kami tinggal. Jadi tinggal jalan aja. Makanan yang dijual disana macem-macem. Mulai dari western food, indonesian food,  thailand food, makanan timur tengah gitu juga ada. Banyak deh pokoknya. Sebagian cafe malah buka 24 jam. Vending Machine minuman pun ada dimana-mana. Only RM1 per minuman kaleng. Disini tuh rame mahasiswa yang makan,  nongkrong sambil nonton tv, buat tugas,  kerja kelompok,  pokoknya bener-bener suasana kampus banget. Oh iya untuk tempat jualan makan dan minuman ini ada di lantai 1. Dilantai ini juga ada tempat laundry guys. Kalian bisa nyuci pakaian disini berbayar. Tips kalau kalian mau hemat mending nyuci sendiri aja pakai tangan daripada harus bayar. Jadi kan uangnya bisa dipakai buat yang lain. Kalau emang mau laundry pakai mesin aku saranin kalian gabung sama temen yang lainnya. Satu kali nyuci itu max bisa untuk 9kg pakaian. Lumayan kan bisa patungan uang bayarannya. Untuk lantai 2-nya ada mushola, ada aula, tempat belajar,  sama tempat khusus staff kolej gitu kalau ga salah inget. Tips lainnya untuk minum air putih kalian ga usah beli. Di gedung sebelah, ada mesin isi air minum dengan harga 10,20,50 sen only. Mantep ga tuh.

Inside the bus Stasiun Kajang - UKM
Jogging pagi

Next transportasi.
Ini bagian penting dan perlu dicatet ya.
Di kampus UKM ada 4 jenis bas yang keliling kampus, tapi hanya 3 yang lewat bas stop kolej pendeta zaaba. Pertama ada bas nomor 2 yang muter keliling kampus. Bas nomor 2 ini yang sering kami pakai buat ke kampus. Sebenernya ke kampus deket sih kalo jalan tapi yah namanya juga manusia. Capekkk. Apalagi kalau pulangnya itu jalannya mendaki.  kedua, bas nomor 3 yang keliling kampus juga tapi ga lewat zaaba, ketiga bas nomor 6 yang keliling kampus dan pemberentian terakhirnya ke stasiun komuter yang bisa kamu gunain buat jalan-jalan. Semua bas itu gratis kok guys. Cuma satu bas yang bayar 1 ringgit yaitu bas T341 yaitu bas yang bisa nganter kita ke stasiun MRT Kajang. Bas ini yang bener-bener sering aku gunain karena sering jalan ke Kuala Lumpur. Gampang kan?? ? Apalagi halte nunggunya itu di depan gedung kantin loh. Pokoknya top banget deh kalo nginep di zaaba. Waktu terakhir operasinya dari jam 8 pagi sampai jam 10-11 malem waktu Malaysia. Ga perlu takut deh pulang malem. Nunggu bas juga ga lama. Jarak satu bas ke bas selanjutnya sekitar 20-30 menitan. Selain gunain bas, kalian juga bisa gunain taxi online ; Grab. Kalau kalian mau jalan ke lokasi yang ga begitu jauh, kalian bisa mesen Grab.

Selanjutnya aku bakal cerita soal pengalaman kuliah disana. Jadi waktu disana,  ga cuma kampus aku aja yang ikut program ini. Banyak dari negara-negara lain yang ikut. Tapi untuk Fakultas Teknologi dan Sains Maklumat (FTSM) ini, ngebuat program buat asian exchange (indonesia). Ada 4 kampus dari indonesia yang ikut serta. Terus untuk mata kuliah yang diambil, kami harus milih 2 mata kuliah dari 3 mata kuliah yang ditawarkan. Untuk aku pribadi, ngambil ICT in Malay sama Competitive Programming. Bahasa pengantarnya bahasa inggris-melayu. Mostly dijelasin pakai bahasa inggris.



First day kuliah, aku masuk di kelas ICT in Malay. Kalau dijadwalnya ruangan yg di pakai itu adalah ruang kuliah biasa tapi ternyata karena yang enroll ke kelas itu banyak banget sampe 100an lebih (atau kurang?) jadi kami pakai ruang Multimedia yang gede. Jadi ini satu-satunya mata kuliah yang mempertemukan semua anak-anak exchange sama anak-anak UKM. Boleh digaris bawahi ya anak UKM. ..
Yup
Ternyata mata kuliahnya bisa diambil sama anak jurusan manapun, ga cuma anak jurusan komputeran. Alasan kenapa banyak dari kami yang ngambil MK ini karena di MK ini ada "melawat" alias jalan-jalan sambil belajar gitu hehe free jalan-jalan ga ada yang nolak dong. Di mata kuliah ini kami mempelajari tentang perkembangan teknologi di Malaysia. Disini kami diharuskan untuk berbaur dengan anak-anak lainnya. Hari pertama harus buat kelompok yang isinya 5 orang dalam 1 group. Ga boleh cuma ngumpul sama anak kampus kita aja. Kalo ngumpulnya cuma sama anak kampus kita, apa coba tujuan exchange nya -_-
Thanks kelas ini bisa buat aku dapet temen-temen Malaysia yang kuliah disana. Mereka humble, baik banget malah. Ahhh mungkin kalo cerita tentang ini bakal aku ceritain di konten baru aja ya. Oh iya di awal pertemuan,  dijelasin kalo kelas ini bakal di ajarin sama dua lecturers. Untuk nilai akhir, diambil dari hasil presentasi, assignments dan ada quiz setiap pelajaran berakhir. Quiz nya ngegunain aplikasi yang namanya Kahoot. So, kami harus install di hp masing-masing. Cobain deh seru banget. Bikin deg-degan gitu selama quiz. Nah entar siapa yang juara-juara bakal di liatin.

Kelas CP

Next mata kuliah Competitive Programming yang berisi sekitar 30an orang? Not sure juga. Ga begitu rame. MK ini juga bisa di enroll sama anak jurusan lain kok. Ruangan yang dipakai ruang kelas untuk penjelasan teori dan lab computer untuk uji praktek setelah teori dijelaskan. Sesuai dengan namanya, kami disini belajar tentang bagaimana memecahkan sebuah masalah yang di cantum dalam bentuk soal cerita dan di pecahkan kedalam bentuk coding dengan waktu tertentu. Seperti lomba gitu. Eh beneran lomba deh, ini tuh ada lomba international nya gitu. Pusing? Ga juga kok. Namanya juga belajar. Untuk penilaian di kelas ini diambil dari ujian akhir yang terbagi menjadi tiga. Satu, ujian teori. Dua, coding secara team dimana satu team berisi tiga orang. Ketiga, coding secara individu. Bahasa yang kalian gunain boleh milih mau pakai java atau C# juga boleh. Ada quiz juga kok. Kelas ini untuk kuisnya pakai website quizizz.com

Hadiah juara 1 Bon Voyage team

FYI, my team yang bernama Bon Voyage menang sebagai juara satu. Engga nyangka gitu loh haha. Semua yang juara 1,2 dan 3 bakal di umumin waktu farewell party dan dapet hadiah. Happy sangat lah ada sesuatu yang bisa dikenang.

Gitu dulu aja yang bisa aku ceritain. Sebenernya panjang banget kalo bener-bener mau diceritain tapi aku mencoba buat kasih cerita di bagian yang penting aja. Next aku bakal ceritain event apa aja yang aku ikutin dan tempat menarik apa di dalem kampus yang harus kalian kunjungin!


P.S : photos milik pribadi, untuk penyebarluasan harap konfirmasi terlebih dahulu.

You May Also Like

0 Comments