Hal-Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa Baru

by - May 31, 2016

Aku mau bagiin sesuatu buat mahasiwa baru yang kebetulan hari ini pendaftaran ulang mahasiswa di setiap universitas sekaligus bersamaan dengan tes SBMPTN.

Banyak hal baru yang bakal kalian temuin dan denger di universitas.

1. UKT
Ini singkatan dari Uang Kuliah Tunggal. Jadi ini seperti SPP kalau disekolah yang dibayar setiap semester atau 6 bulan sekali dan banyaknya uang yang dibayar sesuai dengan yang sudah ditentukan. Biasanya untuk yang masuk melalaui jalur SNMPTN dan SBMPTN itu ditentuin dengan adanya wawancara dan pertimbangan beberapa hal seperti pekerjaan orangtua, jumlah saudara, banyak kendaraan, rumah dan lain-lain, sedangkan yang masuk melalui jalur mandiri ditentukan dari universitas dan biasanya lebih mahal dari jalur yang lain dan tidak bisa nego hehe. Buat yang masuk melalui jalur bidikmisi lebih beruntung lagi karena tidak harus membayar apapun.

2. Ospek
Kepanjangannya yaitu orientasi studi dan pengenalan kampus. Ini sama halnya dengan MOS kalau disekolah. Tahun lalu, saat aku baru masuk universitas, ospek di universitasku ini dinamakan PK2 (Pengenalan Kehidupan Kampus) karena ospek lebih identik dengan kekerasan, perponcoan senioritas. Jadi di tahunku kami mengangkat tema PK2 anti perponcoan.

3. Kating
yup kating itu singkatan dari kakak tingkat. Kalau di sekolah kan biasanya akrab dengan panggilan kakak kelas, tapi kalau di perkuliahan lebih akrab dengan istilah "kating". Kenapa? karena kita bisa saja satu kelas dengan kakak senior kita. Kok bisa? ya bisa saja kalau kakak tingkat itu lagi mengulang suatu mata kuliah yang nilainya tidak memuaskan, jadinya harus bergabung dengan adik-adik tingkat. Jadi entar kalau kuliah liat-liat ya manatau di kelas kalian ada kakak tingkat, entar kalian asal manggil aja hehe.

4. KHS
Kartu Hasil Studi yaitu Kartu, eh ga kartu sih di era sekarang udah pakai sistem online. Jadi itu semacam rapot kita yang bakal keluar di akhir semester. Disitu kalian bisa liat berapa IPS kalian, IPK, berapa jumlah SKS yang bisa kalian tempuh disemester depan dll. Biasanya itu cetak dan akan ditandan tangani oleh dosen PA saat di awal masuk semester.

5. KRS
Kalau ini Kartu Rencana Studi. Ini kartu yang kalian print yang sebelumnya kalian isi dulu secara online mata kuliah apa aja yang kalian ambil untuk semester yang akan kalian tempuh nanti. Setelah kalian isi lalu di print kalian serahkankan ke dosen PA kalian untuk di tanda tangan.





6. IPS & IPK
IPS : Indeks Prestasi Semester
IPK : Indeks Pestasi Kumulatif
nah IPS itu skor yang kalian dapat per semester sedangkan IPK adalah skor yang kalian dapat dari gabungan semester-semester yang lalu. Lebih singkatnya lagi IPK itu gabungan dan rata-rata dari IPS.

7. SKS
Satuan Kredit Semester ini menentukan berapa jumlah mata kuliah yang bisa kalian ambil. Per mata kuliah punya nilai kredit nih. mulai dari 1 sks sampai 4 sks biasanya. Jadi kalian ga bisa mengambil mata kuliah melebihi SKS yang sudah ditentukan.

8. Dosen PA
Dosen ini yang membantu kita dalam hal akademik. Istilahnya kita punya guru BK pribadi gitu. Jadi kalau ada masalah dalam perkuliahan kita bisa konsultasi sama dosen PA (Pembimbing Akademik). Biasanya sudah ditentukan dari fakultas.

9. Dosen TA
Kalau yang satu ini Dosen Tugas Akhir yang membantu kita dalam menyelesaikan Tugas Akhir maupun Skripsi. Kalau yang ini, kita bisa memilih dosen sendiri sesuai kenyamanan kita. Dosen TA ini juga membantu kita dalam menghadapi sidang yaitu mempertanggungjawabkan skripsi kita di hadapan dosen pengkaji. Dosen ini memberikan tips&trik dalam menghadapi sidang.

10. SP
Yang satu ini juga harus kalian ketahui nih. SP yaitu Semester Pendek. Ini adalah disaat kita bisa mengulang atau ingin memperbaiki nilai matakuliah kita yang jelek-jelek. SP ini diadakan saat liburan akhir tahun. Jadi ga perlu takut buat kalian yang nilainya jelek, kalian masih bisa memperbaikinya dengan mengambil SP. Oh iya Semester pendek juga bisa untuk memepercepat masa kuliah loh. Kan daripada liburan ga kemana-mana mendingan kuliah aja.



Lihat juga artikel yang terkait : Pengalaman Ospek


You May Also Like

5 Comments