[Part 1] How I Can Study Abroad // What to Prepare

by - August 13, 2018



Akhirnya aku bisa mencoret dua dari sekian banyak list yang ada di dalam bucket list aku.
1. Study abroad – exchange student
2. living by myself (independent kid)

Aku bener-bener senang bukan main. Memang dari kecil aku pengen ngerasain banget gimana rasanya tinggal dan hidup diluar negeri dan Alhamdulillah bisa kesampean. Walaupun negara yang aku kunjungin bukan negara yang jauh hehe. Jadi kali ini aku mau berbagi pengalaman sekaligus pembelajaran buat kalian yang bakal hidup di negeri orang.

Oh iya kayaknya postingan kali ini bakal aku bagi jadi beberapa post karena aku bakal cerita panjang banget.

So, aku mulai dari awal banget.

Fakultas dimana aku kuliah, nyediain program untuk mahasiswa/i nya bisa belajar di negara Malaysia. Jurusan yang aku ambil memang mengkhususkan untuk pelajarnya ikut dalam program ini. Khususnya untuk prodi yang aku ambil ini di embel-embeli dengan kata “bilingual”. Jadi disediakan program exchange selama enam bulan ke UTM, Johor saat semester 7.

Waktu aku semester 6, mulai deh kegalauan muncul. Apa aku harus ikut program ini?
Kenapa aku bertanya-tanya? Soalnya aku lagi dipusingkan dengan pilihan apa aku bisa nyelesain skripsi aku disana selama 6 bulan? Kalau misalnya aku engga ikut, apa aku yakin juga bakal nyelesain skripsi disini? Apa aku harus ngerelain 1 semester aku dengan pengalaman belajar di luar negeri dan ga usah mikirin skripsi dulu? Pokoknya banyak banget pertimbangan yang aku pikirin. Di satu sisi aku pengen banget ikut program ini, di satu sisi lagi, aku takut ga selesai skripsi dan bakal nambah bayar kuliah untuk tambahan semester lagi. Aku takut nyusahin orang tua. Bayar kuliah mahal kan….

Selain itu, ada lagi program yang ditawarkan untuk bisa kuliah di UKM, Selangor selama satu bulan. Sayangnya, untuk program satu ini dibatasi kuota untuk 30 orang dari 3 jurusan yang ada di fakultas aku. So, bakal ada seleksi. Nambah lagi deh kebimbangan aku. Apa aku milih program yang sebulan aja ya? Tapi seleksi, aku gak akin aku bakal lolos seleksi. Wah super bingung waktu itu. Sampe-sampe aku nanya ke ortu aku dan jawabannya ya terserah aku aja katanya. Aku curhat ke temenku ya ga ada jawaban yang bisa membuka pilihan aku juga kan.

Jadi bismillah, aku milih untuk ikutan program yang sebulan. Dan singkat cerita, aku finally bisa ikut program satu bulan belajar di Universiti Kebangsaan Malaysia selama satu bulan dengan 29 orang lainnya. Setelah sekian lama engga memijakkan kaki di negeri orang akhirnya kesampean lagi. Terakhir kali aku pergi keluar negeri itu waktu liburan kelas 2 SMA ke Singapore. Pokoknya sekali aja kalian pergi ke negera lain pasti bakal pengen-pengen terus keluar negeri.

Trip kali ini bakal jadi trip pertama aku diluar negeri sendiri tanpa orang tua dan pertama kalinya hidup mandiri.

Tips pertama buat kalian :
1. Milih Koper. 
Ada beberapa option buat milih koper yang cocok buat dibawa. Untuk aku sendiri, aku bawa 1 koper ukuran sedang, 1 tas yang bisa dijadiin tas jinjing sekaligus koper, 1 tas laptop dan 1 sling bag untuk pergi-pergi. Awalnya aku dikasih saran sama dosen dan kakak tingkat terdahulu yang udah pernah ngerasain belajar di Malay kalau engga usah bawa koper besar-besar soalnya bakal susah banget di naikin ke Kolej (asrama). Kan belum ada kepastian bakal di tempatin di lantai berapa. Katanya mending bawa banyak koper tapi kecil-kecil daripada bawa koper gede banget. Tapi kalau kalian ga mau ribet, bawa satu koper besar seukuran badan kalian hmm juga engga apa-apa.

2. Packing. Engga usah bawa banyak pakaian.
Selama aku disana, ada beberapa baju yang engga bener-bener ke pakai dan beberapa baju lainnya cuma sekali dipakai. Aku saranin bawa baju dikit aja. Toh kalian bisa cuci tiap hari. Malah aku beli-beli baju disana. Jadinya ada yang engga kepake baju yang bawa. Sedikit bete juga, soalnya waktu pulang ke Indo aku harus nambah 10 kilo bagasi.

Aku juga bawa dua sepatu biar bisa di ganti-ganti. Satu sendal buat di Kolej. Untuk obat-obatan, aku engga bawa sama sekali, untung teman-teman yang lain ada yg bawa. Tapi aku saranin dibawa aja obat-obatan karena kita ga bisa mastiin bakal sehat terus apa engga. Aku disana sempet sakit huhuhu untung engga terlalu parah.

Oh iya, Engga cuma pakaian aja yang ga usah dibawa terlalu banyak, tapi untuk cewek yang berhijab mending kalian bawa jilbab seperlunya aja. Soalnya aku waktu disana pakai jilbab yang itu-itu mulu hahaha habis untuk mix and match-nya aku lebih banyak pakai jilbab yang polos daripada yang bermotif. Temenku malah ada yang beli jilbab. Jadi kalo kalian sekiranya bawa jilbab dikit kalian bisa beli kalau bosen dengan jilbab itu-itu aja.

3. Wajib bawa peralatan kuliah. 
Ini pasti dong, jangan sampe lupa kalo tujuan utama pergi buat belajar  bukan buat jalan-jalan doang. Aku bawa laptop, charger, buku dan alat tulis.

4. Kamera. 
Di perjalanan kemaren, aku engga bawa kamera. Awalnya aku ada niatan buat bawa kamera tapi aku disuruh engga usah bawa kamera karena yakin pasti temen-temen kalian ada yang bawa kamera. Kalau kebanyakan yang bawa kamera, pasti ada kamera yang engga kepake. Jadi mending di rundingin siapa yang bawa kamera trus bisa foto pakai kamera temen kamu itu. Entar foto-fotonya dimasukin ke Google Drive dan di share ke group.

5. Skincare dan Makeup. 
Personally, aku engga bisa lepas dari yang namanya makeup. Soalnya FYI aku ga pede sama acne scars di wajahku, jadi aku selalu pakai makeup. Jadi bawa semua bedak-bedak dan lipstick kalian. Bawa juga skincare, masker dan segala macemnya buat dipake dimalam hari. Karena yakin banget pasti kulit wajah kalian bakal lelah dan kusam gitu habis jalan-jalan mulu tiap harinya. By the way, aku bisa dalam sehari pakai dua kali makeup. Pertama aku pakai buat kuliah, entar pulang kuliah kalian bakal jalan lagi. “Haram” banget yang namanya ngendep di kamar. Pasti kerjaannya jalan mulu. Jadi kalau pulang kuliah ada rencana pergi, aku bakal ngehapus makeup lagi trus aku pakai lagi biar makin tahan sampai malem.


Kayaknya itu aja sih peralatan yang wajib kalian bawa untuk persiapan kuliah/hidup di negera orang. Untuk lainnya kalian bisa buat list lagi apa aja yang perlu dibawa. Keperluan tiap orang itu beda-beda kan. Paling tambahan barang yang perlu kalian bawa ya colokan listrik. Perlu digaris bawahi kalau colokan listrik di berbagai tempat itu beda-beda. Dulu waktu aku tinggal di Batam, disana itu pakai 3 lubang colokan untuk listriknya. Sedangkan di Palembang pakai yang 2 lubang colokan listrik. Untuk Malaysia, disana pakai 3 lubang colokan listrik jadi kalian harus persiapin colokan 3 untuk listrik.


Kali ini aku baru nyeritain gimana aku bisa belajar di luar dan apa aja barang-barang yang harus dibawa. Mungkin untuk barang lainnya yang belum aku sebutin untuk dibawa, bakal aku ceritain selama cerita di postingan lainnya.

You May Also Like

0 Comments