Is It Anxiety?

by - May 06, 2018


Beberapa hari yang lalu waktu aku lagi dijalan, jalanan rame banget sama segerombolan sepeda motor. Mereka pakai baju SMA yang bajunya tidak lagi putih, tapi warna-warni penuh coretan. Aku langsung flashback ke masa-masa SMA dulu. Waktu pengumuman kami disuruh dateng kesekolah pakai baju bebas tujuannya biar kami ga bisa coret-coret baju. Sebenernya apa sih untungnya ngelakuin itu? mending bajunya diwarisin ke adik atau kerabat terdekat. Kan dapet pahala.

Engga cuma itu, ngadain kovoi rame-rame keliling kota bikin macet, belum lagi banyak banget yang engga pake helm. Aku langsung mikir "oh mereka belum tau apa yang nunggu mereka didepan".

Kelulusan SMA itu bukan akhir dari segalanya loh. Masih harus mikir, habis lulus ini mau kuliah di mana? jurusan apa? universitas apa? masih harus belajar lagi loh. Jangan pikir "ah kuliah mah kan cuma ngambil belajar pelajaran yang kita suka aja" WAHAHAHA makan tuh omongan. Malahan kuliah itu lebih susah karena kita pelajarin yang mendetail dari pelajaran yang kalian pikir kalian suka itu.

Buat kalian yang masih belum tau dapet kuliah dimana, khususnya yang engga lulus SNMPTN, ga usah berlarut-larut sedih. Mending fokus belajar nyiapin tes-tes yang lain karena masih banyak jalan loh menuju perkuliahan itu. Jangan ngeluh bingung mikir masuk jurusan apa deh. Liat aku sekarang, kalau kuliah kalian bakal ngadepin masa-masa galau lagi alias mikirin topik skripsi.



Sebenernya aku engga pernah ngomongin ini ke siapapun karena aku bakal break down nyeritain ini. Aku ngerasa aku ngalamin yang namanya Anxiety yaitu ngerasain rasa cemas yang berlebihan. Mungkin orang-orang yang ada disekitar aku bakal kaget aku ngerasain ini. Soalnya aku engga pernah sekalipun nunjukkin ini ke orang-orang. Biasanya aku ngalemin ini waktu lagi sendirian. Aku ngerasa trauma sama kejadian SMA.

Aku ngerasa dulu aku bagus dalam nilai-nilai pelajaran. Rangking sekolahku juga bagus. Aku udah optimis bakal keterima lewat jalur undangan tapi rupanya nihil. Gagal total. Disitu aku shock. Trus aku ngerasa optimis ikut tes SMPTN, dalam pikiranku minimal di pilihan ketiga aku bakal masuk. Eh ternyata gagal lagi.

Sekarang aku lagi di tahun terakhir kuliah. Aku takut banget bakal keulang lagi kejadian kayak waktu SMA. Belum lagi orang tua yang selalu nyaranin aku buat lulus cepet karena biaya kuliah yang mahal. Jadi mulai lah aku dengan nyuri start bimbingan ke dosen. Tapi di saat aku udah mulai ngejalanin bimbingan, aku takut perjalanan mulus ini bakal nuntun aku ke balckhole yang engga sesuai ekspektasi aku. Pokoknya aku stress, cemas gitu. Belum lagi aku sering sakit karena kondisi fisik aku lemah.

Jadi aku sekarang berusaha buat "masa bodoh" kalau udah ngebahas skripsi. Aku gamau yang rush everything. Aku menyibukkan diri aku buat engga terlalu mikirin itu. Aku gak tau ini cuma aku aja yang ngerasain Anxiety kayak gini atau banyak dari kalian yang juga ngalamin hal yang sama...

You May Also Like

0 Comments