Total Solar Eclipse 2016

by - March 09, 2016

Dulu kalo ada orang-orang tua yang cerita tentang gerhana mataharai rasanya antara percaya dan ga percaya gitu. Sekarang kalau ditanya lagi percaya ga percayanya aku bakal bilang dengan yakin kalau itu SERATUS PERSEN BENERAN TERJADI!


Isu-isu tentang gerhana matahari udah lama terdengar sih. Banyak berita yang bilang kalau gerhana matahari tahun ini bakal terjadi di Indonesia. Respon aku waktu itu ya masih biasa-biasa aja. Tepat H-3 aku langsung excited banget buat nyambut gerhana matahari.
Gerhana matahari total akan terjadi pada lokasi yang sama di Bumi hanya satu kali dalam 375 tahun. Akan tetapi, bisa juga waktunya lebih pendek atau lebih lama. 
Nah kebetulan aku lagi berdomisili di Palembang, jadi aku bisa dapet kesempatan buat nyaksiin GMT. Engga semua wilayah Indonesia dilewati atau dapat melihat GMT ini. Ada 12 provinsi yang dilintasi total solar eclipse ini, tapi hanya 8 kota yang bisa liat secara totalitas. Salah satunya Palembang, Sumatera Selatan. 

Satu hari sebelum GMT, di jembatan ampera diadain acara-acara untuk menyambut GMT. Jembatan yang jadi akses penghubung ini dilanda macet parah. Jembatan ampera ditutup dari 8 maret 12 malam sampai 9 maret 12 siang. Rencananya aku mau ke sana jam setengah 6 pagi buat liat view GMT dari jembatan tapi aku ga yakin bisa survive di tempat serame itu. Ya jadinya aku stay at home aja tapi... ga nyesel sama sekali!

Aku ngeliat diberita yang nayangin siaran GMT via jembatan ampera bilang kalo gerhana mataharinya ketutupan sama asep pabrik yang ada di dekat jembatan ampera. Sedangkan dirumah aku itu jelas banget view nya. Emang sih cuaca di Palembang lagi berawan tapi momentnya itu masih kerasa banget. Aku gamau sia-siain kesempatan langka ini dengan cuma ngeliat doang. Aku siapin kamera dan jepret-jepret deh.


Matahari baru 10% tertutup

80% tertutup

90% tertutup

90% tertutup bulan dan terhalang awan

masih terhalang awan

udah mulai 100% langit mulai gelap

TOTAL TERTUTUP! seperti malam hari (pukul 7:20 pagi)

Pas moment gelap ini yang best banget. Ini kayak kembali ke malam hari, padahal udah jam 7:20 pagi. Kapan lagi coba ngeliat yang beginian.


kembali normal setelah hampir 2 menit gelap

You May Also Like

0 Comments