Lupa Warna Langit

by - November 02, 2015

Udah masuk awal November. Ga kerasa udah mau ujian akhir. Ga kerasa juga udah mau selesai semeser 1 ini. Kira-kira hasil kuliah ku selama ini memuaskan ga ya? Duh takut banget ada mata kuliah yang nilainya jelek.
Oh iya di awal bulan November ini, alhamdulillah langit di tempat tinggal baruku udah mulai menampakkan warna birunya lagi. Beberapa bulan yang lalu aku sampe lupa apa warna langit yang sebenernya gara-gara kabut asap. Kabut asap yang melanda kotaku ini bener-bener yang terparah dari beberapa kota yang juga mengalami kabut asap. Ini karena banyaknya hutan yang ada disini, ditambah lagi tanah gambut yang banyak banget ada di kota ini. Pakai masker bukan jadi hal aneh lagi kalau tinggal disini. Aku bahkan banyak mengkoleksi beberapa masker dengan motif lucu.
Dari sekian hari dalam kabut asap, yang paling terparah itu waktu hari raya idul adha. Jadi waktu itu ceritanya aku sama keluarga mau sholat idul adha di rumah nenekku. Jadi kami jam 6 pagi udah berangkat supaya nyampe disana pas jam 7 pagi biar keburu bisa sholat bareng disana. Tapi kabut asap waktu itu bener-bener tebel dan gabisa liat apa-apa yang di depan jalan. Berasa bener-bener buta banget. Kecepatan mobil waktu itu cuma bisa 10km/jam. Itu bukan karena macet atau apa ya. Tapi karena takut nabrak sesuatu yang ada didepan.
Terpaksa deh karena udah ga keburu ngejar waktu dengan keadaan gitu, kamipun berenti di rumah saudara yang kebetulan ga terlalu jauh dan numpang sholat di mesjid sana.
Eh pas selesai sholat langit udah lumayan cerah walaupun masih banyak asep. Bener-bener parah deh waktu itu. Semenjak tinggal disini aku ga berenti batuk-flu. Sekolah sering banget diliburin. Kuliahku juga sempet diliburin.
Penyebab kabut asap ini ga cuma terjadi karena pembakaran hutan liar sih, tapi ini juga karena kemarau yang membuat hutan gampang terbakar. Hellikopter yang bolak balik atas rumah sambil bawa ember gede yang entah apa itu isinya, juga bukan hal aneh.

Banyak banget sih cerita yang aku dapetin selama beberapa bulan ini. Tapi itu aja deh yang aku ceritain. Some of them let me keep em up okay.

You May Also Like

0 Comments