How My Organization Life in Campus

by - December 02, 2016
























Aku memang sudah dari awal sebelum masuk kuliah sudah bertekad untuk setidaknya mengikuti organisasi atau club yang ada di kampus. Kenapa?

Pertama, jadi mahasiswa yang berkuliah di luar tempat kita lahir atau luar kota itu gak mudah. Aku gak punya kenalan yang udah lama aku kenal di kampus. Temen-temen SMAku pada kuliah menyebar diseluruh penjuru indo. Untuk yang kuliah di kampus yang sama denganku ada beberapa, tapi kami jarang ketemu karena beda jurusan atau jarak kampus yang jauh. Engga kayak mahasiswa lain yang berasal dari tempat yang sama seperti sekolah SMA dan di kuliah mereka masih nemuin temen-temen mereka dikampus yang sama. Aku? hanya segelintir temen dari SMAku yang ada di kampus ini.

Kedua, jujur di SMA dulu aku engga begitu aktif karena di SMA ga begitu terlalu di haruskan ikut ekstrakulikuler. Di SMA dulu aku kayak lebih fokus buat dapetin nilai bagus di mata pelajaran karena banyak banget saingan di sekolahku dulu. Di SMP, aku lumayan aktif untuk ikut berpartisipasi. Aku pernah ikut PMR dan Computer Club.

Ketiga, pengen punya banyak relasi. Karena aku baru di kota tempat aku kuliah ini, jadinya semua relasi yang dulu aku punya waktu di kampung halaman menghilang. Enggak dikatakan 'hilang' juga sih, mungkin tidak se-erat dulu. Relasi bagi aku itu penting banget karena kapan saja pasti kita butuh bantuan orang lain.

Terakhir, pengen mengasah kemampuan dan nambah pengalaman sih dalam organisasi. Jangan sampai waktu kuliah ku cuma dihabiskan dengan kuliah aja tanpa ada kegiatan lainnya.

LDO BPH 2016

Mungkin itu beberapa alasan aku mau ikut berorganisasi. Disini aku dapet kesempatan untuk bisa ikut dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan. Engga mudah untuk bisa jadi bagian dari organisasi ini karena ada tahap seleksi wawancara dan seleksi leadership gitu. Terbagi atas beberapa divisi, aku masuk menjadi bagian dari dinas kajian strategi dan advokasi. Tugasnya untuk bisa menampung aspirasi mahasiswa jurusan, ikut aktif dalam isu-isu luar maupun dalam fakultas, serta jadi sukarelawan kalau ada aksi turun kejalan seperti demo mahasiswa.

Inagurasi 2016

Upacara 17 agustus 2016

Banyak banget yang aku dapetin disini. Kenal sama banyak orang khususnya mahasiwa jurusan ku. Melatih diri untuk bisa ngatur waktu, belajar jadi pemimpin dan belajar tanggung jawab. Selama aku di himpunan jurusan ini, aku pernah merasakan menjadi penanggung jawab acara dimana diharuskan untuk membuat konsep sebuah acara, aku juga pernah jadi anggota konsumsi, kakak tutor inagurasi 2016, dan pemimpin sidang sementara musyawarah besar. Engga terlalu banyak program kerja yang ada, jadi aku masih bisa ngimbangin organisasi dan kuliah.

Diskusi Publik 2016
Masa bakti kepengurusan aku sudah selesai tanggal 20 November lalu. Alhamdulillah aku masih dikasih kepercayaan oleh bupati baru himpunan jurusan tahun ini untuk menjadi wakil bendahara umum di organisasi ini. Semoga seterusnya aku bisa memegang amanah!


ps: maaf untuk yang wajahnya masuk disini

You May Also Like

1 Comments