Tipe-tipe Orang Naik "Busway"

by - April 14, 2016


Semenjak aku pindah rumah, semua kehidupan itu balik ke nol lagi.
Mulai dari rumah baru, peralatan rumah baru, temen baru, tetangga baru dan yang pasti pengalaman baru.
Nah karena tadi aku bilang "balik ke nol lagi", so aku ((ayahku)) belum beli mobil lagi. Mobil lama yang dirumah lama udah dikasih sama orang. Asik dah "ngasih" udah kayak ngasih permen.

Jadi aku kalau mau pergi kuliah sekarang naik kendaraan umum yang biasa di panggil busway. Ngomong-ngomong soal busway, kenapa itu bus dipanggil busway? lah kan busway artinya jalan bus. Trus kita selama ini kalau ditanya
 "Naik apa tadi?"
 "Busway..."



Naik jalan bus. Emang tu jalan bisa gerak?
Kaga tau dah siapa yang pertama kali mencetuskan nama "busway" ini. Yang pastinya kata itu udah jadi kebiasaan. Lanjut ke topik "aku kuliah naik busway" nih, kalau di Palembang dinamain Trans Musi atau biasa disingkat TM. Kalau di Jakarta namanya Transjakarta, di Batam namanya Trans Batam. Jadi selama aku naik TM, banyak banget tipe-tipe orang naik busway yang aku temuin.
  • Nyerobot
Banyak banget orang yang ga sabaran buat masuk bus. Ya allah kalau ada orang kayak gini biasanya aku cuma ngeliatin sambil tarik napas supaya ga emosi. Secara kan semua orang itu buru-buru, tapi tolong dong keselamatan nomer satu. Kalau dorong-dorong bisa aja bukannya masuk bus malah jatoh kebawah. Biasanya yang banyak dorong-dorong gasabaran masuk itu ibu-ibu. Alasannya ya kalau ga lagi buru-buru pasti pengen dapet tempat duduk.

  • Nyantai
Kalau ini kayaknya tipe aku deh kalau pulang kerumah haha engga juga sih. Tipe ini tuh nyantai aja gitu. Kalau ada bus lewat ya santai aja. Kalau sekiranya itu bus penuh, ga ada tempat duduk ya tinggal nunggu bus selanjutnya aja. Nunggu terus dah sampe bus sepi kayak nunggu hujan muncul dari tanah ke langit. Kaga pernah ada.

  • Muka dua
Misalnya dapet tempat duduk nih dengan aman nyaman duduk. Habis pulang darimana gitu kan capek banget. Sambil duduk sambil doa syukur kan jarang-jarang dapet tempat duduk. EH tau-tau ada ibu-ibu yang masih muda kuat lagi berdiri sambil acting megang pegangan bus sambil sempoyongan, pura-puranya kaga kuat lagi, trus mamang yang jaga tiket ngomong "yang muda ngalah yang muda ngalah". Dengan berat hati yang muda tadi, yang udah doa syukur dapet tempat duduk karena capek banget. Berdiri-senyum-mempersilahkan ibu itu duduk-ngumpat dalem hati.
FYI ga selamanya yang muda itu kuat berdiri. Cuy kita nih capek pulang kuliah, tas berat, lebih berat dari bawaan tas anak SMA yang mau UN.

  • Down to Earth
Tipe ini kalau masuk bus trus dapet tempat duduk, langsung nundukin kepala. Pokoknya nunduk terus - down to earth hahaha. Pura-pura ngantuk, pura-pura tidur supaya bisa menghindar dari ibu-ibu tua yang nyari tempat duduk. Biasanya ini dilakuin mahasiswa atau anak muda kalau bener-bener kaga mau berdiri alias udah capek maksimal! Toh kita juga bayar.

  • Malaikat
Tipe ini kalau ada ibu-ibu tua langsung ngasih tempat duduk dengan senyum ikhlas. Kalau ada yang kosong di deket dia berdiri, ga mau duduk. Katanya sih "nanggung udah mau nyampe" padahal 1 jam lagi baru sampe.


Nah dari semua tipe itu jujur aku pernah ngelakuin semuanya tergantung situasi dan mood hari itu. Manusia ada kalanya baik, ada kalanya jahat. Kita buka malaikat kan. Pokoknya banyak banget pengalaman yang ga bisa di tulis disini. Nah enak kan naik kendaraan umum, banyak pengalaman. Daripada naik kendaraan pribadi lebih minim cerita trus bikin macet lagi. Semoga pengalaman ini bisa diceritakan ke anak-cucu kita nanti.



You May Also Like

0 Comments