Apa sih jurusan Sistem Informasi?

by - April 11, 2016

Sekarang aku lagi pengen ngebahas tentang jurusan kuliah yang lagi aku jalanin sekarang.
Jurusannya yaitu Sistem Informasi (SI)!



Apaan sih sistem informasi?
Jurusan ini sendiri hanya ada di universitas tertentu saja. Jurusan ini berada dibawah naungan fakultas Ilmu Komputer. Universitas terkenal yang menyediakan program studi ini adalah UNSRI, ITS, UI, TELKOM, Brawijaya, Binus, Andalas dan banyak lagi.

Definisi SI sendiri menurut wikipedia yaitu :
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Kalau menurut aku sendiri, SI itu bisa dikatakan gabungan dari bisnis yang diimplementasikan dalam bentuk teknologi. Selama hampir dua semester aku kuliah, aku bakal ngasih tau apa aja yang aku pelajari disini.

Semester pertama aku dan temen-temen lainnya agak kaget karena kami belajar sesuatu yang belum pernah kami pelahajari dan sampe sekarang menjadi mata kuliah wajib yang menegangkan.
Matakuliah Algoritma Pemrograman!
Disini kami belajar bagaimana cara membuat suatu program yang dimulai dari program sederhana yang menguras pikiran. Matakuliah ini menuntut kita bermain logika. Di semester ini kami menggunakan bahasa pemrogaman C. Tugas akhir semester 1 ku, aku membuat sebuah program pemesanan tiket tour and travel yang alhamdulillah bisa memberikan nilai memuaskan.

Selain itu kami juga belajar mengenai perkenalan alat-alat komputer, konsep sistem informasi, dan belajar teori organisasi umum. Di Teori Organisasi Umum ini kami di ajak untuk bisa memanage organisasi atau perusahaan karena harapan saat kami lulus nanti yaitu menjadi manager IT.

Oh ya kami juga belajar akuntansi dasar. Dengan ilmu yang kami dapat di juusan ini, kami juga bisa menjadi entrepreneur. Seru sih kalo belajar dan dipahami.


Semester dua ini, aku belajar Algoritma Pemrograman lanjutan yang tingkat kesulitannya pasti meningkat dengan menggunakan bahasa C++. Semester ini kami juga belajar tentang Pemrograman Website. Jadi kami membuat dan mendesign sebuah website sedemikian rupa sehingga menarik. Sedikit ribet sih disini karena banyak banget bahasa yang kami pelajari, yaitu: HTML, CSS, Javascript, PHP, dan segala buntut-buntutnya. Dan di semester inilah saat para mahasiswa mulai merasa lelah...
Sebenarnya seru sih matkul ini tapi ya itu tadi harus banyak praktek.

Matakuliah database lumayan mudah di pahami. Inti dari segala matakuliah di jurusan ini ya harus dicoba, harus di praktekkan. Kalau tidak di praktekkan dan tidak dilatih ya wassalam nilai A.

Overall jurusan ini seru loh! kapan lagi bisa buat aplikasi kamu sendiri. Kapan lagi bisa menciptakan website dengan design hasil keringat sendiri. BtLet's make  your own business dari jurusan ini!
w, Gojek, Tokopedia, Uber dan segala macam bisnis terkenal dizaman sekarang bisa kamu buat.

So jangan ragu lagi! ayo masuk Sistem Informasi!




You May Also Like

0 Comments