The Tears are Real

by - May 09, 2015

Hari ini aku kembali menangis...

Memang aku sering membuat status di sosial media "I'M CRYING RN" atau "I'M SOBBING". Padahal kenyataannya aku baik-baik aja. Tapi kali ini saat aku mengatakan "I'M CRYING" percayalah kalau aku benar-benar menangis.

Seperti yang udah aku posted di hari-hari yang lalu, aku sudah mendaftar di jalur undangan. Aku memilih 2 jurusan yang benar-benar keinginanku di universitas yang dulu sempat aku abaikan. Kenapa? karena aku tahu diluar sana banyak banget universitas yang jauh lebih bagus dan terkenal. Aku ga mengatakan kalo universitas yang aku pilih ini jelek atau apa. Tapi karena aku dulu punya pilihan yang lain jadi aku agak males untuk memilih univ ini. Pokoknya setelah banyak pemikiran dan segala macem aku memutuskan untuk milih univ ini dengan hati nuraniku sendiri.

Jurusan yang aku pilih itu yang pertama:
1. Pendidikan Dokter Gigi
2. Arsitektur

Setelah selesai mendaftar dan lumayan agak legah karena udah menetapkan pilihanku, akupun tidak begitu mikirin lagi. Aku pun fokus belajar untuk UN. Sumpah aku bisa dikatakan super banget belajarnya. Pernah pulang jam 9 lewat gitu demi les tambahan matematika di malem minggu pula. Itu aku udah booked pengajar mtk supaya mau ngajarin aku dan beliau baiikkk banget ngajarin aku mtk. Karena mtk itu emang kelemahan aku. Pulang sekolah, makan dirumah langsung nyambung ke bimbel buat belajar sampe malem. Buku soal-soal latihan yang tebel banget sampe bisa dijadiin bantal itu aku coba isi semua. Belum lagi ngejawab soal-soal dari buku yang disediain sekolah. Saat di sekolah yang lain pada main, aku usaha buat belajar. Super pokoknya.

Tapi... aku ga nyangka,
pengorbanan aku itu ga sebanding banget dengan soal UN yang aku hadepin tahun ini. Aku gabisa! gabisa! kalo nginget itu rasanya sedih banget. Hari pertama UN, aku muruuunggg terus. Mapel kimia yang aku suka pun aku gabisa :( aduh aku gamau inget itu. sedih...

Hari kedua pun mulai beredar ada isu soal UN bocoran. Saat itu aku masih masa bodoh, aku mau fokus sendiri gamau tergoyah dengan hal-hal yg belum tentu bener kayak gitu. Di hari kedua itu pula aku masih ngerasa itu susah. tapi... kok temen-temenku yang lain yang seruangan samaku kayaknya ga stress banget ya. padahal di hari pertama muka mereka ga jauh beda sama muka aku. sama-sama stress!

Disitu aku mulai curiga wah jangan-jangan...
Akhirnya aku tau ada kebocoran soal! tapi... sama aja aku ga begitu nganggep banget itu soal. Aku abaikan aja kayak angin lalu. Intinya UN kali ini menyedihkan sepanjang hidup aku. Aku gatau bakal sanggup apa engga liat hasil kelulusan nanti.

Setelah semua siap - YEAY akhirnya - akupun mulai agak istirahat bentar nih. Istirahat belajar. Trus aku mulai nyambung ikut bimbel akhir april lalu. Aku ikut bimbel tambahan buat ikut jalur SBMPTN. Kan, harus ada persiapan dong walaupun entar bakal keterima di undangan.

Nah ortu aku itu sering banget nanyain aku "nanti mau ngambil apa testnya?" dan aku cuma jawab "belum tau" atau "ga tau". Kenapa? karena kalo aku bilang mau ambil "X" misalnya pasti entar "ga usahlah ambil itu, susah kerjanya" atau "jangan disana. Ga aman kuliah disana" dan banyaaakkk banget alasannya. Padahal ortu aku pernah bilang "Terserah mau ambil apa. kan yg mau kuliah kakak" tapi ujung-ujungnya ya itu tadi, dilarang. Makanya aku lebih milih diam.

Padahal, aku udah punya pilihan.

Hari ini adalah jadwal pengumuman SNMPTN 2015 yang telah diumumkan jam 5 sore tadi. Jam 5 kurang gitu aku lagi ga dirumah, detik-detik jam 5 aku masih dijalan. Jam 5, aku masih dijalan dan temen-temenku udah banyak yang keterima lewat jalur undangan itu. Aku mulai deg-degan aku buru-buru masuk rumah dan ngidupin internet lewat laptop. Sambil doa aku nunggu laptopnya booting. Aku buka webnya, aku masukin NISNku, aku masukin tanggal lahir dan ... muncul kolom merah...

Aku tidak diterima guys. Aku masih fine aja tuh, masih "oh berarti aku harus ikut test tulis" tapi semakin banyak kabar tentang temen-temen dekatku yang keterima aku jadi down dan gabisa nahan tangis. Aku jadi mikir, aku bakal usaha lagi disaat temen-temenku udah seneng. Aku masih harus usaha disaat temenku mulai udah tau dimana mereka nanti. Disitu aku bener-bener gatahan lagi. Aku nangis.

Aku gatau mau nulis apa lagi... aku...

Aku mulai berpikiran positif. Pasti Allah ngasih aku yang terbaik lagi dengan cara yang lain. Atau allah mungkin masih ingin tau seberapa kuat aku ngadepin ujian lagi. Semoga aku kuat buat belajar lagi ngadepin ujian lagi yang 3 kali lebih sulit dari UN.

Untuk temen-temenku dan kalian yang keterima selamat ya kalian udah dikasih kemudahan buat masuk kuliah. Buat yang belum keterima, ini bukan akhir kok. Masih banyak cara lain buat ngejar impian kita!

You May Also Like

0 Comments