Choose the Right University and Subject by Recognize the Interest and Potential

by - September 10, 2014



Sudah kelas 3 SMA dan masih belum tau universitas mana yang akan kamu tuju?
Masih labil milih jurusan kuliah yang 'angin-anginan'? terkadang hari ini kita seperti sudah tau akan kemana kita jika sudah lulus nanti, eh besoknya kita rubah lagi deh jurusan atau universitas yang bakal diambil. nah, ini ada beberapa tips supaya bisa memantapkan pilihan kalian:


brown hair, buildings, bus, new york, cars, taxi, city, road, brunette, girl, nyc, rooftop, street


  1. Kenali hal-hal yang kamu sukai. Mulai dari hobi! --- Coba deh mulai-mulai perhatiin atau sadari apa sih hal-hal yang sering kamu sering lakukan.
  1. Lihatlah potensi yang ada di diri kamu! --- Dengan mengetahui potensi diri kamu bisa menentukan strategi untuk mendalami bidang ilmu, bidang kerja, atau bidang kuliah. Lihat dan renungkan mata pelajaran apa yang menurut kamu mudah dan dengan cepat kamu pahami. Biasanya kamu mendapan nilai bagus pada pelajaran itu
  1. Tentukan diploma atau S1 --- Kalau kamu ingin cepat bekerja atau berkarir dan tidak ingin berlama-lama kuliah, pilihannya adalah jalur diploma. Jalur ini memberikan keuntungan siap terap di dunia kerja dalam waktu relatif singkat.
  1. Tentukan lokasi kuliah dan dana --- Lokasi tempat perguruan tinggi berada sebaiknya mudah diakses. Karena sebagian besa lulusan sekolah menengah belum memiliki penghasilan, maka pertimbangkan juga dana dengan orang tua. jika dana masih belum mencukupi juga, satu-satunya cara adalah mencari beasiswa. jangan sampai uang menjadi masalah penghambat kamu meraih masa depan.
  1. Karir dan Pekerjaan --- Hal berikut ini harus dipertimbangkan dengan sangat matang dan serius adalah setelah lulus nanti ada kepastian karir dan pekerjaan yang didapatkan.




You May Also Like

0 Comments